Hati – Hati SMS Penipuan Lowongan Kerja

April 30, 2013 at 5:31 am Tinggalkan komentar

Penipuan berkedok SMS Lowongan Kerja PT Freeport Indonesia

 

13666093921560346944

Jangan sampai tertipu oleh SMS seperti ini: Lowongan Kerja di PT Pertamina

Topik obrolan #Freez# kali ini sungguh menjadi sebuah kebetulan yang melegakan. Saya merasa mendapatkan saluran untuk menyampaikan rasa heran dan kejenuhan, dengan seringnya menerima SMS penipuan selama ini. Tentu, hal ini termasuk kekhawatiran kalau sampai ada orang yang menjadi korban penipuan “bertarget massal dan acak” yang tampak kurang mencolok ini.

Saya sedang sebal dengan datangnya SMS di telepon genggam saya, isinya tentang pengumuman lowongan kerja yang mengatas-namakan PT Freeport Indonesia. Dari format, nomor telepon, dan caranya, saya 100% yakin bahwa ini MURNI penipuan!

Saya pengguna pulsa prabayar dari salah satu operator terbesar di Indonesia. Pengalaman saya dengan layanan operator ini bisa saya simpulkan dengan satu kalimat, “Tiada hari tanpa iklan, tiada hari tanpa SMS penipuan” dan itu belum termasuk, “tiada hari tanpa gangguan telepon telemarketer yang menawarkan kredit tanpa agunan, asuransi dan sejenisnya”.

Akan halnya SMS terkini yang saya terima sepuluh menit yang lalu, saya kira ini modus pertama yang pernah saya terima sepanjang usia memakai pulsa dari operator seluler ini. Menarik! Setidaknya bagi saya. Menarik karena yang dibidik pengirim SMS adalah orang-orang yang sedang butuh pekerjaan. Orang-orang yang butuh perbaikan kesejahteraan hidup, baik keseharian maupun jangka panjang. Menariknya lagi, pengirim SMS mengaku sebagai sebuah Perusahaan Investor asing yang besar. Keren tapi sekaligus Tidak masuk akal.🙂

Logikanya perusaahan segede Freeport tentu tidak akan kirim SMS secara acak kepada pengguna telepon genggam. Perusahaan tersebut dengan mudahnya tinggal memasang satu iklan di surat kabar, maka ratusan atau bahkan ribuan pelamar akan membuat sibuk bagian kepegawaian perusahaan tersebut.

Saya langsung menyebar-luaskan pengalaman ini kepada para handai taulan dan kenalan saya, lengkap dengan salin-rekat isi SMS-nya. Saya ketik ulang teks SMS-nya dan saya kutip nomor telepon genggam yang tertera di layar telepon genggam saya. Kalau terbaca ada yang salah eja, ya memang begitulah aslinya.

Saya penasaran, pengirim pesan seperti itu dari kalangan mana dan latar belakang apa ya? Saya juga tidak habis pikir, kira-kira apakah pengirim pesan liar begitu sempat dan pernah menangguk keuntungan dan mendapatkan peruntungannya?

Saya juga penasaran, kenapa saya merasa belum pernah mendengar adanya sosialisasi dari pihak “berwajib” tentang cara mengenali berbagai modus penipuan, seluk-beluk medianya, dan yang terpenting pengarahan cara menghindari, dan atau menghadapinya.  Yang pernah saya jumpai paling beberapa spanduk di pagar kantor polisi, di kawasan pom bensin, dengan pesan standard: “Jaga diri Anda dan hindari pencopetan.”

Adakah di antara Anda yang kebetulan pernah melihat sebuah tayangan iklan pelayanan masyarakat yang mengingatkan bahayanya orang melamun di tempat umum? Saya sendiri belum pernah sekali pun melihat ada sedetik sisipan iklan TV yang khusus didedikasikan untuk mengingatkan pemirsa agar selalu mewaspadai tanda-tanda penipuan atau serangan kejahatan di tempat umum. Apakah pemikiran seperti ini dianggap berlebihan dan jauh dari menguntungkan pihak penyedia layanan informasi?

Scam berisi pesan penipuan terselubung ini bisa menjebak ratusan korban, baik mereka yang tinggal di kota besar maupun pelosok daerah. Bayangkan kalo ada lusinan atau ratusan orang kirim Curriculum Vitae (CV), artinya semua data pemilik CV itu bisa dicuri. Kalau data curian tersebut kemudian disalah-gunakan untuk penipuan yang lebih fatal akibatnya, betapa kasihannya para korban tersebut.

Saya masih ingat bahwa tahun lalu, seorang petinggi tim manajemen sebuah layanan operator besar di Indonesia telah ditangkap pihak berwajib karena didakwa menjadi pelaku penipuan dan kecurangan kepada para pelanggan perusahaan di mana ia bekerja. Percaya atau tidak, itu terjadi di negeri ini. Kalau tidak salah juga, waktu itu kasusnya juga seputar “pencurian pulsa secara sistematis”.

Itu baru penipuan yang notabene tindakan kriminal yang aksinya dilancarkan secara halus, yaitu melalui pesan pendek ke nomor telepon genggam  pengguna layanan telepon seluler. Masih banyak lagi ragam dan skala penipuan di Indonesia dan di mana saja di tingkat lokal, regional maupun global.

Saya hanya ingin berbagi pesan kewaspadaan, agar sebisa mungkin kita selalu tenang dalam menyikapi sesuatu, tidak gampang kena provokasi dari pesan atau interaksi orang atau perusahaan yang kurang jelas juntrung, reputasi serta tujuan kegiatannya.

Banyak penipu cara halus beredar dan beroperasi dengan memanfaatkan pengetahuan dan pendekatan psikologis mempengaruhi dan mengintimidasi orang lain seperti layaknya orang membacakan mantra sakti dan mematikan.

Saya berpikir bahwa mungkin sudah saatnya anak-anak sejak tingkat TK sampai mereka menjadi mahasiswa, diberi pembekalan tentang pentingnya mengenali modus kejahatan dan strategi menghadapi atau menghindarinya. Demikian, berikut di bawah ini saya kutip persis isi pesan pendek (SMS) yang saya sebutkan baru datang beberapa menit yang lalu.

Salam, dan Waspada!

HP-ku menerima SMS yang asalnya tercatat dari no. +6282335560772
PT. FREEPORT INDONESIA
Menerima Karyawan 2013 Lulusan D3, D4, S2. L/P. Segera Kirim Daftar Riwayat Hidup. Pas fhoto 4X6 no. Hp.
Kirim ke VIA Email:
PTFI@dr.com

(Semua yang saya ketik ulang di atas persis seperti aslinya, termasuk salah ejanya).
Besar kemungkinan ini penipuan. Kreatif sekali ya taktiknya macam-macam. Waspada!

sumber : http://hukum.kompasiana.com/2013/03/28/penipuan-berkedok-sms-lowongan-kerja-pt-freeport-indonesia-541184.html

Entry filed under: Lowongan Penipuan. Tags: .

LOWONGAN KERJA ASTRA GROUP PT AISIN INDONESIA Daftar Peserta Tes ADM yang Lolos Psikotes

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Form Calon Alumni

FORM DAFTAR ONLINE

Mau Mendaftar Kerja??

Arsip

Job Reader

Job Hunter

  • 126,814 member

Twitter Terbaru

Sahabat BKK

Kata Mutiara


